Mungkin Anda pengguna Windows sudah banyak yang tahu cara mengubah background sebuah folder pada Windows XP. Caranya yaitu dengan membuat sebuah file bernama desktop.ini yang dibuat dengan notepad pada folder yang Anda ingin rubah backgroundnya. Isi dari file desktop.ini tersebut adalah sebagai berikut:
[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
IconArea_Image=nama-gambar.jpg
Nama-gambar pada kode diatas diganti dengan nama file gambar yang Anda inginkan. Misalnya background.jpg, latar.gif, bunga.png.
Namun, ketika trik mengubah background folder tadi digunakan pada Windows 7, hasilnya tidak seperti di Windows XP. Gambar background dari folder tidak berubah sama sekali. Lalu, bagaimana cara mengubah background folder pada Windows 7?
Cara mengubah gambar latar sebuah folder di Windows 7 hampir sama dengan di Windows XP. Anda bisa menggunakan sebuah file desktop.ini, namun kode yang dimasukkan pada file tersebut berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengubah background folder pada Windows 7:
  1. Pastikan Anda logon sebagai Administrator.
  2. Buka Notepad dengan mengklik Start » Run. Ketik “notepad” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter.
  3. Pada jendela notepad, ketik kode berikut:
    [AveFolder]
    IconArea_Image=lokasi dan nama-gambar.jpg
    Contohnya: Saya ingin mengubah background drive C: saya dengan menggunakan sebuah gambar yang bernama Windows-7.jpg untuk dijadikan background. Gambar tersebut berada di drive D: pada folder Wallpaper. Jadi path gambar tersebut adalah D:\Wallpaper\Windows-7.jpg. Untuk itu, kode yangh saya ketik menjadi:
    [AveFolder]
    IconArea_Image=D:\Wallpaper\Windows-7.jpg
    Jika gambar yang Anda gunakan berada satu folder dengan file desktop.ini, Anda cukup mengetik nama gambar saja. Misalnya Windows-7.jpg.
  4. Setelah itu, simpan dengan nama desktop.ini dengan mengklik menu File » Save As. Pada jendela Save As beri nama file “desktop.ini” (tanpa tanda kutip) dan pilih All Files (*) pada File Types. Terakhir klik save.
    Perhatian:
    Simpan file desktop.ini tersebut pada folder yang ingin diubah background-nya.
  5. Save As Desktop.ini
Kini lakukan refresh pada folder yang Anda ubah backgroundnya dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Anda juga bisa menutup dan membuka kembali Windows Explorer Anda dan arahkan ke folder yang Anda ubah backgroundnya. Apakah background folder tersebut berubah? Jika belum coba periksa kembali kode Anda atau lokasi serta nama file gambar Anda.
Mengubah background folder
Sekian tips singkat cara mengubah background folder pada Windows 7. Semoga bermanfaat. Jika Anda mengalami kesulitan dengan tutorial ini, coba gunakan software Windows 7 Folder Background Changer yang bisa Anda baca artikelnya di Cara Mengubah Background Folder Windows 7 (Cara 2). Selamat mencoba!
|
This entry was posted on 23.34 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 komentar:

On 29 Desember 2015 05.47 , Luqman YCNET mengatakan...

Kalo misalkan gambarnya di drive C, penulisannya gimana?
Bisa gak kalo "C:\...." diganti jadi nama filenya saja?